Mengeset Tanggal dan Waktu Komputer Kok Tidak Bisa?

Saat komputer kita masih dalam kondisi nyala tiba-tiba karena sesuatu hal (misal mau mencoba software yang menggunakan timer kayak software pengingat waktu sholat) kita mau tidak mau harus merubah jam atau tanggal yang ada. Tapi… saat kita double klik penunjuk waktu pada system tray (yang ada pada sudut kanan bawah layar monitor) eh “ndilalah mbak pedunduk alias ujug-ujug” keluar kotak dialog Date and Time Properties yang bertuliskan “You do not have the proper privilege level to change the System Time.” Yang intinya kita tidak punya hak untuk mengeset tanggal komputer kita sendiri.
Sebenarnya masih bisa sih ganti tanggal tapi harus reboot dulu dan diset di mode Setup/BIOS. Tapi hal ini tentu menjadi lama karena kita terlanjur masuk Windows. Untuk mengatasinya ikuti cara berikut.
1. Masuk ke Control Panel : Start > Setting > Control Panel
2. Double Klik icon Administrative Tools
3. Pilih Local Security Policy
Wah Kelamaan….. Ok … Ok Cara cepatnya Jalankan Run ketik secpol.msc tekan OK
4. Pilih Local Policies -> User Rights Assignment
5. Pada Kolom Policy Double Klik Change the system time.
6. Pada kotak dialog yang muncul Klik tombol Add User or Group…
7. Ketikkan nama user yang akan di beri wewenang merubah time pada bagian Enter the object names to select : klik tombol Ok. Lanjut ke langkah 10.
8. Jika malas ngetik atau usernya banyak klik aja tombol Advanced… kemudian pada kotak dialog berikutnya klik tombol Find Now
9. Untuk memilih beberapa user sekaligus sambil menekan tombol Ctrl, klik user-user yang akan diberi wewenang merubah time.
10. Selanjutnya Klik Tombol Ok sampe Selesai.
11. Untuk mengetahui efeknya log out dulu komputernya baru login dengan user yang sesuai. Test dengan double klik icon time pada system tray.

0 comments